VB-MAPP Milestones 5

*

 

 

VB-MAPP Level 3

 

VB-MAPP level 3 adalah perkembangan anak typical usia 30-48 bulan, dimana anak di usia ini sudah memiliki ratusan mand, tact dan listener responding dan mereka juga belajar bahasa baru setiap harinya. Mand juga sudah berbentuk spontan dan sering mulai bertanya Apa ini? Apa itu? Echoic dan imitasi juga sudah terbentuk sehingga mudah untuk mengajarkan kata baru. Persepsi visual dan matching skill sudah sampai ke sesuatu yang abstrak. Anak juga sudah siap untuk memiliki bermacam kemampuan akademik. Intraverbal juga sudah berkembang cepat dan sudah bisa membentuk ribuan koneksi intraverbal. Sosial interaksi dengan orang dewasa dan teman juga sudah menumbuhkan perkembangan bermacam kemampuan baru secara alami dimana kemampuan tersebeut mampu tergeneralisasi dan terjadi lebih spontan. Ada 3 skills baru dalam level 3 yaitu kemampuan pra-akademik membaca, menulis dan matematika sehingga sebisa mungkin mengajarkan kemampuan akademik sebaiknya dihindari pada saat anak di level 1 dan 2.

 

Pada level ini terapis harus menganalisa tiap point dari sang anak dan menghubungkannya dengan performa anak. Apakah mand, tact dan listener responding seimbang? Atau ada skills yang lebih tinggi dari yang lain sehingga dapat digunakan untuk melatih kemampuan yang lebih rendah? Anak di kembangkan kemampuannya untuk kata sifat, kata sambung dan kata keterangan. Mand juga berkembang untuk mand untuk informasi. Intraverbal juga bentuknya sudah yang jauh lebih abstrak. Sementara frekuensi dan kompleksitas sosial interaksi dengan teman sudah mulai terbentuk. Kemampuan untuk sekolah dan berinteraksi dalam grup sudah menjadi fokus dalam intervensi. Di level ini anak sudah lebih banyak membutuhkan intervensi dalam lingkungan alami dan mulai dikurangi untuk DTT di atas meja.

 

Mand Level 1

  1. Nilai 1 jika anak secara spontan mand untuk informasi verbal menggunakan 2 kata tanya yang berbeda (apa, siapa, dimana, kemana) sebanyak 5 kali dalam 1 jam observasi. Nilai ½ jika anak secara spontan mand untuk informasi verbal menggunakan 1 kata tanya yang berbeda sebanyak 2 kali dalam 1 jam observasi.
  2. Nilai 1 jika anak dapat secara sopan melakukan mand untuk menghentikan aktivitas yang dia tidak inginkan, tidak ingin partisipasi dalam sesuatu yang tidak dia inginkan, atau untuk menolak sesuatu tanpa ada masalah perilaku tanpa prompt dari orang dewasa dalam 5 kesempatan. Contoh: Bisa istirahat? Saya ingin sendiri. Saya lagi tidak ingin bermain. Nilai ½ jika anak dapat secara sopan melakukan mand untuk menghentikan aktivitas yang dia tidak inginkan, tidak ingin partisipasi dalam sesuatu yang tidak dia inginkan, atau untuk menolak sesuatu tanpa ada masalah perilaku tanpa prompt dari orang dewasa dalam 2 kesempatan.
  3. Nilai 1 jika anak dapat mand dengan menggunakan 10 kata sifat, kata preposisi tempat atau keterangan yang berbeda dalam 1 jam observasi. Paling tidak harus 2 contoh dalam setiap grupnya untuk mendapatkan nilai penuh. Contoh: Saya mau hati yang berwarna merah, letakkan ini didalam rumah, pergi secara perlahan. Nilai ½ jika anak dapat mand dengan menggunakan 5 kata sifat, kata preposisi tempat atau kata keterangan yang berbeda dalam 1 jam observasi.
  4. Nilai 1 jika anak dapat memberikan arah, instruksi dan penjelasan bagaimana melakukan sesuatu atau partisipasi dalam aktivitas sebanyak 5 kali. Contoh: Pertama saya pergi, kemudian giliran kamu, jangan masukkan lem itu ke dalam mulutmu, kesini dan duduk, giliran kamu, dll. Nilai ½ jika anak dapat memberikan arah, instruksi dan penjelasan bagaimana melakukan sesuatu atau partisipasi dalam aktivitas sebanyak 2 kali.
  5. Nilai 1 jika anak dapat mand kepada orang lain untuk merespons sebanyak 5 kali dari intraverbal selama observasi. Contoh: saya akan bicara, ini yang dia katakan, saya sedang bicara, giliran saya, saya katakana kepadanya, apa kamu tau apa yang dia katakan? Nilai ½ jika anak dapat mand kepada orang lain untuk merespons sebanyak 2 kali dari intraverbal selama observasi.

 

Tact Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat melabel warna, bentuk dan fungsi dari 5 obyek yang berbeda sebanyak 15 kesempatan ketika ditanya secara acak. Contoh: gunakan apel hijau, tempat sampah yang kotak dan persegi panjang kulkas. Tunjukkan pada anak satu gambar dan tanyakan Barang ini untuk apa? Warna apa ini? Bentuk apa ini? Penting untuk menanyakan secara acak pertanyaan ini. Nilai ½ jika anak dapat melabel 2 warna, bentuk atau fungsi dari 5 obyek yang berbeda sebanyak 10 kesempatan ketika ditanya secara acak.
  2. Nilai 1 jika anak dapat melabel 4 kata preposisi tempat dan 4 kata ganti orang yang berbeda ketika ditanya. Contoh: Dimana anjing itu? Ketika anjing dibawah kursi anak menjawab dibawah kursi. Pertanyaan sama ditanyakan ketika anjing dibawah meja, anak menjawab dibawah meja. Yang lain jika ditanya giliran siapa sekarang? Anak secara benar menjawab giliran saya atau sewaktu ditanya kembali dan anak bisa menjawab giliran kamu. Nilai ½ jika anak dapat melabel total 4 kata preposisi tempat atau kata ganti orang, atau 4 kata preposisi tempat saja atau 4 kata ganti orang saja.
  3. Nilai 1 jika anak dapat melabel 4 kata sifat (diluar warna dan bentuk) dan 4 kata keterangan yang berbeda ketika ditanya. Contoh kata sifat : besar, kecil, panjang, pendek. Bisa diceritakan tentang panjang dari benda ini? Anak menjawab: ini lebih panjang dari yang itu. Contoh kata keterangan: lebih cepat, lebih lambat. Bisa ceritakan tentang kecepatan dari 2 mobil itu? Anak menjawab: mobil ini lebih cepat dari mobil itu. Nilai ½ jika anak dapat melabel total 4 kata kata sifat atau kata keterangan, atau 4 kata sifat saja atau 4 kata keterangan saja.
  4. Nilai 1 jika anak dapat melabel dengan kalimat sempurna yang terdiri dari 4 atau lebih kata sebanyak 20 kali. Contoh: Ini adalah sebuah es krim yang besar. Ini adalah kamar saya. Itu makan siangnya dia. Nilai ½ jika anak dapat melabel dengan kalimat sempurna yang terdiri dari 3 kata atau lebih sebanyak 20 kali.
  5. Nilai 1 jika anak dapat melabel 1000 non-verbal stimuli (kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata ganti orang, dll). Anak normal memiliki sebanyak 1500-2000 perbendaharaan kata. Nilai ½ jika anak dapat melabel 750 non-verbal stimuli.

 

Listener Responding Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat memilih warna dan bentuk dari 6 barisan gambar mirip yang memiliki 4 warna dan 4 bentuk yang sama ketika ditanya. Contoh: Mana yang gelas biru? Anak dapat memilih gelas biru diantara topi biru, gelas merah, piring biru, dll. Nilai ½ jika anak dapat memilih warna dan bentuk dari 6 barisan gambar mirip yang memiliki 2 warna dan 2 bentuk yang sama ketika ditanya.
  2. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 2 perintah dari 6 kata preposisi tempat yang berbeda dan 4 kata ganti orang ketika dicoba. Contoh: berdiri di belakang kursi, sentuh kuping saya, berikan mainan ini ke dia (tanpa melihat atau menunjuk). Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 2 perintah untuk 3 kata preposisi tempat dan 2 kata pengganti orang yang berbeda. Nilai ½ anak dapat mengikuti 2 perintah untuk 6 kata preposisi tempat tetapi tidak 4 kata ganti orang atau kebalikannya.
  3. Nilai 1 jika anak dapat memilih dari barisan gambar yang mirip sebanyak 4 pasangan kata sifat (besar-kecil, panjang-pendek) dan mengiktui instruksi yang melibatkan 4 pasang kata keterangan ketika dicobas; cepat, lambat) Contoh: Mana yang lebih besar? Anak dapat menunjuk barang yang lebih besar. Ketika dicontohkan 2 kata yang menggunakan volume yang berbeda dan ditanya mana yang lebih keras? Anak bisa mengidentifikasi mana yang lebih keras. Nilai ½ jika anak dapat memilih dari barisan gambar yang mirip sebanyak 2 pasangan kata sifat dan mengikuti 2 instruksi yang melibatkan 2 kata keterangan yang beda, tetapi memiliki beberapa dalam setiap kategorinya. Nilai ½ jika anak dapat memilih 4 kata sifat yang berbeda, tetapi tidak 4 kata keterangan atau sebaliknya.
  4. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 10 buah instruksi 3 langkah. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 5 buah instruksi 3 langkah. Contoh: sentuh anjing, sapi dan kuda. Ambil gambar itu, berikan lem dan tempel di topi, dll.
  5. Nilai 1 jika anak dapat mengidentifikasi 1200 non-verbal stimuli (kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata ganti orang, dll). Nilai ½ jika anak dapat mengidentifikasi 800 non-verbal stimuli (kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kta ganti roang, dll).

 

Persepsi Visual dan Menyamakan (VP-MTS) Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat secara spontan menyamakan kegiatan arts dan craft orang dewasa atau temannya sebanyak 2 kali. Nilai ½ jika anak dapat secara spontan menyamakan kegiatan arts dan craft orang dewasa atau temannya sebanyak satu kali. Contoh: ditunjukkan cara menggunting kotak untuk membuat topi, anak mengikuti menggunting kotak untuk membuat topi.
  2. Nilai 1 jika anak dapat mengeneralisasi menyamakan untuk barang yang baru dalam barisan 10 gambar dengan paling tidak 3 gambar yang mirip untuk 25 jenis benda. Nilai ½ jika anak dapat mengeneralisasi menyamakan untuk barang yang baru dalam barisan 10 gambar dengan paling tidak 3 gambar yang mirip untuk 15 jenis benda. Contoh: ketika ditunjukkan nanas plastik untuk pertama kali, anak dapat menyamakan nanas plastik dengan gambar nanas dintara beberapa gambar buah dan sayur, dimana 3 diantaranya mirip nanas tanpa training tambahan.
  3. Nilai 1 jika anak dapat menyelesaikan 20 desain blok, puzzle berbentuk atau tugas sejenisnya yang paling tidak terdiri dari 8 bagian. Nilai ½ jika anak dapat menyelesaikan 20 desain blok, puzzle berbentuk atau tugas sejenisnya yang paling tidak terdiri dari 4 bagian.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menyortir paling tidak 5 benda untuk 5 kategori tanpa prompt dari orang deasa selain kata “Bisakah kamu sortir ini?” Nilai ½ jika anak dapat menyortir paling tidak 3 benda untuk 3 kategori tanpa prompt dari orang dewasa selain kata “Bisakah kamu sortir ini?”
  5. Nilai 1 jika anak dapat melanjutkan 20 buah 3 pattern, urutan atau tugas berseri. Nilai ½ jika anak dapat melanjutkan 20 buah 2 pattern, urutan atau tugas berseri. Contoh: urutan bintang, segitiga, hati. Prompt dapat digunakan: Lanjutkan, kemudian anak dapat melanjutkan patternnya memberikan urutan yang sama bintang, segitiga, hati.

 

Independent Play

  1. Nilai 1 jika anak dapat secara spontan terlibat dalam 5 kesempatan bermain yang berbeda baru secara imajinasi. Nilai ½ jika anak dapat secara spontan terlibat dalam 2 kesempatan bermain yang berbeda baru secara imajinasi. Contoh: bermain karakter princess atau polisi, pura-pura memasak, berjualan, dll
  2. Nilai 1 jika anak mengulang suatu gerakan motor bermain untuk berusaha melakukan yang lebih baik pada 2 aktivitas berbeda. Contoh: ingin bermain golf memasukkan bola ke dalam lobang, anak mencoba berkali-kali sampai masuk lubang. Nilai ½ jika anak mengulang suatu gerakan motor bermain untuk berusaha melakukan yang lebih baik pada 1 aktivitas.
  3. Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri (tanpa prompt dari orang dewasa atau reinforcer) terlibat dalam kegiatan arts dan craft selama 5 menit. Nilai ½ jika anak dapat secara mandiri (tanpa prompt dari orang dewasa atau reinforcer) terlibat dalam kegiatan arts dan craft selama 2 menit.
  4. Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri bermain dalam kegiatan bermain spontan tanpa prompt orang dewasa atau reinforcer selama 10 menit. Nilai ½ jika anak dapat secara mandiri bermain dalam kegiatan bermain spontan tanpa prompt orang dewasa atau reinforcer selama 5 menit.
  5. Nilai 1 Jika anak secara mandiri menggambar atau menulis dalam buku aktivitas tanpa reinforcer selama 5 menit. Nilai ½  Jika anak secara mandiri menggambar atau menulis dalam buku aktivitas tanpa reinforcer selama 2 menit.

 

Peringatan: Informasi yang saya tulis harap digunakan sebagai informasi yang memperkaya pengetahuan anda, tetapi sebaiknya anda komunikasikan dengan professional yang menangani anak anda sebelum diterapkan. Ilmu yang saya sampaikan sesuai dengan keilmuan yang saya pelajari tetapi harus dipahami bahwa setiap kasus anak adalah unik. Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari informasi yang anda terima.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *