Menyusun Program ABA/VB Untuk Anak Usia Dini

*
Dalam beberapa minggu yang lalu dan ke depan saya mencoba mengajarkan bagaimana konsep ABA/VB dan menyusun program ABA/VB untuk anak usia dini yang baru mengikuti ABA/VB dengan level anak pemula (level 1 VB-MAPP). Idealnya sebelum dibuat programnya, anak harus dipetakan atau di assess mengunakan tools untuk VB diantaranya VB-MAPP yang dikembangkan oleh Dr. Mark Sundberg dan ABLLS-R yang dikembangkan oleh Dr. Partington. Tetapi, tentu dengan segala keterbatasan sarana dan waktu di FB, hal ini agak sulit dilakukan karena pada akhirnya untuk anak autis yang baru belajar dengan ABA/VB level 1 harus memiliki program dasar yang hampir mirip walau tentu program yang mirip itu sendiripun harus disesuaikan dengan kondisi individu sang anak. Tapi baiklah, kita harus bergerak dengan segala kondisi karena usia anak selalu bertambah tiap harinya dan mengajarkan di usia dini adalah kunci keberhasilan program ABA.
*
Konsep yang sudah saya ajarkan sebagai dasar pemahaman ABA/VB adalah:
  1. Fungsi dari behavior yang saya tuangkan dalam tulisan saya sebelumnya “Mengatasi Problem Behavior pada Anak ASD”. Kenapa fungsi dari behavior ini saya bahas pertama? Karena tidak ada terapi yang efektif jika kita belum bisa mengontrol behavior dari sang anak. Mengontrol ini bukan berarti problem behavior adalah zero, karena mana ada anak yang tidak punya masalah behavior? Anak normal saja punya masalah behavior, bahkan orang dewasa normal pun punya, tetapi bagaimana kita memahami dan mengontrol behavior sang anak itulah yang utama.
  2. Konsep teori behavior ABC yang saya tuangkan dalam tulisan “Teori ABC dan Reinforcers”. Topik ini membahas bagaimana memahami konsep dari teori behavior untuk memotivasi anak autis untuk belajar sehingga terjadi pengajaran yang efektif.
  3. Pengenalan tentang verbal behavior (VB) adalah konsep-konsep dari verbal behavior dan kenapa verbal behavior dapat membantu anak autis untuk belajar bahasa dan sosial.

*

Setelah konsep dan teori di atas selesai, saya ingin mencoba menjelaskan bagaimana teknik-teknik pengajaran dengan VB untuk pemula level 1 dalam minggu-minggu ke depan. Semoga bisa diterima dan bisa dijadikan dasar untuk memperkaya program yang sesuai dengan kondisi anak anda dan jangan lupa konsultasikan dengan professional yang menangani anak anda. Harus dipahami juga bahwa anak ASD memiliki variasi kondisi dan kemampuan yang berbeda, masing-masing individu sangat unik jadi saya tidak bisa mendesain program tanpa melakukan assessment sendiri terhadap anak. Progam ini dibuat untuk menunjukkan secara garis besar dan saya buat sesederhana mungkin supaya dapat dimengerti oleh semua orang. Berikut adalah daftar topik yang akan di diskusikan di minggu-minggu selanjutnya.
*
· Manding (meminta sesuatu)
· Mengajarkan kemampuan baru (errorless learning, pengambilan data)
· Tacting (melabel benda/sesuatu)
· Echoic (mengikuti bunyi)
· Intraverbal (menjawab pertanyaan)
· Imitasi gerak
· Mengikuti perintah
· Matching to sample (menyamakan)
· Kemampuan tambahan: menengok dan datang jika dipanggil
· Kemampuan bermain dan sosialisasi
· Melatih kelancaran (fluency) dengan PATTAN system
· Masalah dalam program ABA (by Mary Barbera)
*
Peringatan: Informasi yang saya tulis harap digunakan sebagai informasi yang memperkaya pengetahuan anda, tetapi sebaiknya anda komunikasikan dengan professional yang menangani anak anda sebelum diterapkan. Ilmu yang saya sampaikan sesuai dengan keilmuan yang saya pelajari tetapi harus dipahami bahwa setiap kasus anak adalah unik. Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari informasi yang anda terima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *