Perjalanan Dhevan & Dhevin (Ibu Helzia)

Ibu Helzia adalah mama Dhevan & Dhevin, si kembar identik yang berada di spektrum autisme berusia 7 tahun 8 bulan. Sudah menjalani terapi sejak si kembar berusia 3 tahun, Ibu Helzia mengenal ABA/VB saat si kembar berumur hampir 6 tahun dan keduanya non-verbal. Berbekal belajar sendiri dari website www.rurysoeriawinata.com, FB Grup Rury ABA/VB Untuk Autisma, seminar dan training online, Ibu Helzia melakukan terapi sendiri terhadap si kembar. Perlu 3 bulan untuk sang kakak Dhevan mengeluarkan suaranya dan 6 bulan untuk sang adik Dhevin. Saat ini si kembar sudah dapat mand barang yang diinginkan, tact banyak benda dan kata kerja, memahami banyak intruksi, intraverbal sederhana dan tertarik belajar akademik.

Selain belajar berbahasa, Ibu Helzia mengimplementasikan ilmu ABA untuk mengajarkan si kembar bakat dan minat mereka yaitu memasak. Kepiawannya memotong dengan pisau, menggoreng, memarut dan melakukan aktivitas memasak lainnya membuat orang kagum. Si kembar sudah bisa memasak masakan yang cukup kompleks seperti menggoreng ayam, ikan, memasak gulai, keripik, dll. Selain itu ilmu ABA ini juga diterapkan dalam program kemandirian sehari-hari seperti membersihkan rumah, menjemur pakaian, menyetrika, dll

Ibu Helzia juga secara kreatif menggunakan bermacam materi terapi yang menarik sehingga si kembar selalu bersemangat belajar. Terapi adalah hal yang menyenangkan. Ibu Helzia juga rajin berbagi dengan orangtua lain bagaimana melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dan terapi yang menyenangkan buat sang buah hati, yang dapat diikuti di Instagram @Helzia12. Selamat berselancar!

Pesan Ibu Helzia kepada orangtua ABK
Teruslah berjuang karena akan selalu ada jalan.
Fokuslah pada kelebihan anak karena setiap anak terlahir dengan kelebihan masing masing, Galilah minat anak dengan memperkenalkan banyak aktivitas kepada mereka. Izinkan dan dampingi mereka bereksplorasi dan tumbuhkan rasa ingin tahu mereka. Kendalikan diri dan jangan emosi jika anak anda dalam melakukan sesutu terjadi hal yang membuat anda marah, misal air tumpah, pasir berceceran, sabun habis atau rumah yang berantakan. Percayalah ini bukan suatu kesalahan, tapi proses untuk menjadi bisa. Fasilitasi minat dan tumbuhkan rasa kepercayaan diri mereka serta tunjukan anda bangga memilikinya. Izinkan anak mencoba banyak hal, karena dengan mencoba mereka belajar.

Saya sangat yakin semua anak adalah bintang, Semua anak akan bersinar terang jika saatnya tiba.

10 Juni 2020

Catatan: Autisme adalah spektrum yang luas. Kondisi dan perkembangan masing-masing anak adalah unik dan berbeda. Program terapi ABA yang baik akan menyesuaikan dengan kondisi anak, dan anak akan berkembang sesuai kondisi masing-masing. Dibawah ini adalah video contoh kegiatan dan terapi Dhevan dan Dhevin yang disesuaikan dengan kondisi si kembar dan dilakukan oleh orangtua sendiri. Untuk kegiatan dan terapi anak anda, konsultasikan dengan profesional sebelum diterapkan. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari implementasi video ini tanpa pengetahuan yang cukup.

Video si Kembar untuk berbagai kegiatan diatas bisa dilihat di Ig: helziarozi12

  1. Terapi Sambil Bermain
    https://www.rurysoeriawinata.com/terapi-bermain/
  2. Memasak
    https://www.rurysoeriawinata.com/memasak/
  3. Kemandirian
    https://www.rurysoeriawinata.com/kemandirian/