Perjalanan Lyo (Ibu Yusiani), Intervensi Dini

Catatan: Coach yang dimaksud bu Yusiani adalah Miss Astrid asisten saya.

Awalnya Ibu Yusiani tidak mengerti bahwa Lyo memiliki masalah tumbuh kembang karena Lyo adalah anak pertama dan sudah pernah babbling mama mamam di usia 8 bulan, walau kemudian babbling ini hilang. Jika bermain di playground, beberapa teman mendekati, Lyo cuek, dipanggil pun jarang menengok, tetapi jika ada iklan TV yang dia sukai dia langsung lari untuk menonton. Saat berkomunikasi jika ada sesuatu yang dia inginkan, Lyo tidak bisa meminta secara vokal atau pun gesture (gerak badan) seperti menunjuk atau kontak mata, dia hanya menarik tangan orang lain untuk mendapatkan barang tersebut.

Saat itu Ibu Yusiani berpikir Lyo hanya kurang sosialisasi sehingga dibawa ke daycare di Sunter dan pemilik menyampaikan bahwa Lyo ABK. Sehingga akhirnya di usia 20 bulan, bertemu dengan dokter ahli syaraf anak dan mendiagnosa Lyo berada di spektrum autisme.

Secara tidak sengaja menemukan website www.rurysoeriawinata.com, Ibu Yusiani belajar tentang ABA/VB melalui FB Grup dan website. Selain itu, ibu Yusiani juga merperdalam pengetahuan dengan mengikuti training online serta coaching program. Kemudian Ibu Yusiani memutuskan untuk melakukan terapi sendiri terhadap anak semata wayangnya sejak Lyo berusia 2 tahun 5 bulan. Saat itu Lyo belum berbicara sama sekali dan minim memiliki kemampuan dasar seperti imitasi, mengikuti perintah, dll. Perjuangan yang berbuah manis, Lyo mulai mengeluarkan kata pertamanya di usia 2 tahun 7 bulan. Saat ini Lyo sudah meminta barang yang dia inginkan, melabel banyak benda, melakukan instruksi sederhana, LRFFC dan lain-lain

Jalan masih panjang, tetapi Ibu Yusiani sudah lebih tenang dan yakin menatap masa depan sang buah hati. Bagaimana Ibu Yusiani melakukan terapi ABA/VB sendiri? Kita lihat yuk dan subscribe youtube chanel LYO Learning Journey with MOM. Atas ijin Ibu Yusiani saya post disini. Selamat belajar!

6 Juni 2020

Catatan: Autisme adalah spektrum yang luas. Kondisi dan perkembangan masing-masing anak adalah unik dan berbeda. Program terapi ABA yang baik akan menyesuaikan dengan kondisi anak, dan anak akan berkembang sesuai kondisi masing-masing. Dibawah ini adalah video contoh terapi Lyo yang disesuaikan dengan kondisi Lyo dan dilakukan oleh orangtua sendiri. Untuk terapi anak anda, konsultasikan dengan profesional sebelum diterapkan. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari implementasi video ini tanpa pengetahuan yang cukup.

Pengambilan Data

Contoh Video:

  1. Problem Behavior
    https://www.rurysoeriawinata.com/problem-behavior/
  2. Mand
    https://www.rurysoeriawinata.com/mand/
  3. Tact
    https://www.rurysoeriawinata.com/tact/
  4. Listener
    https://www.rurysoeriawinata.com/listener-responding-2/
  5. VP/MTS
    https://www.rurysoeriawinata.com/vp-mts/
  6. Imitasi
    https://www.rurysoeriawinata.com/imitasi/
  7. Latihan Motor
    https://www.rurysoeriawinata.com/latihan-motor/
  8. Bermain
    https://www.rurysoeriawinata.com/bermain/
  9. LRFFC
    https://www.rurysoeriawinata.com/lrffc/
  10. Intraverbal
    https://www.rurysoeriawinata.com/intraverbal/
  11. Matematika
    https://www.rurysoeriawinata.com/math/