Perjalanan Lio (Ibu Agnes) Komunikasi 2 Arah dan Problem Behavior

Bagian Pertama Interview

Bagian Kedua Tanya Jawab

Di usia 15 bulan Lio di diagnosa berada di spektrum autisme, saat itu Ibu Agnes berusaha melakukan terapi Lio sendiri karena belum ada center yang menerima anak dibawah usia 2 tahun. Mendekati usia 2 tahun, Ibu Agnes memasukkan Lio ke sebuah center dan akhirnya Lio mengeluarkan suara pertama di usia 31 bulan.  Walaupun sudah bisa  berbicara, Ibu Agnes merasa Lio belum memahami fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, sehingga Ibu Agnes memindahkan Lio center lain untuk mendapatkan terapi OT, TW, SI dan BT.

Secara tidak sengaja Ibu Agnes menemukan FB Grup Rury ABA/VB Untuk Autisma dan merasa penasaran dengan metoda ini. Saat itu Lio sudah bisa berbicara, walau masih berkata satu-satu seperti menghapal selebihnya dia hanya babbling dan echolalia. Apalagi yang bisa dilakukan oleh metoda ABA/VB agak Lio berbicara lancar? Ibu Agnes mulai belajar metoda ABA/VB secara rutin, menonton video dan membaca berulang-ulang sampai paham belajar secara serius 2 jam sehari selama kurang lebih 6 bulan. Setelah ikut training online, Ibu Agnes makin yakin bahwa ABA/VB lah yang dibutuhkan Lio saat ini, yaitu bagaimana mengarahkan verbal dari Lio sehingga menemukan maknanya. Selain Lio terapi di center, Ibu Agnes menerapkan program ABA/VB kepada Lio selama 2 jam sehari setiap harinya. Sudah sekitar 2 tahun mempraktekkan ilmu ini, Lio sudah mulai mendekati perkembangan usia seumurnya, perkembangan komunikasi 2 arah sangatlah baik dan spontanitas bahasa juga bertambah.

Kebetulan Lio memiliki problem behavior yang cukup mengganggu proses belajar, apalagi saat dia belum bisa mengungkapkan apa yang dia inginkan. Dengan memahami ilmu ABA/VB dengan fungsi behavior, Ibu Agnes menjadi mengerti bagaimana menanggulangi problem behavior sehingga tidak berkepanjangan dan mengarahkan Lio memiliki behavior yang lebih baik. Saat ini dengan bertambahnya fungsi bahasa dari Lio, problem behaviorpun bisa tertangani dengan baik. 

Beberapa papan behavior support dalam penanganan behavior Lio seperti dibawah ini.

Mengenal Emosi

Emosi Lio Hari Ini

Emosi Lio Hari Ini Bulanan

Tugas Hari Ini Bagian 1

Tugas Hari Ini Bagian 2

Pesan Ibu Agnes terhadap orang tua ABK
Orangtua haruslah dekat dengan anak, mengerti mereka bukan hanya dari kacamata kita melainkan dari mata dan kebutuhan mereka.
Kenali behaviour mereka dan pahami behavior anak sebagai alat mereka berkomunikasi, yang secara perlahan perlu diubah menjadi lebih baik tanpa harus membuat mereka frustasi dengan memaksa. Dekati dan pahami mereka jauh lebih baik. Ibu Agnes yakin bahwa setiap anak akan bersinar pada waktunya. Orang tua haruslah berdaya.  Bagaimanapun terapi terbaik adalah orang tua yang bahagia dan menerima apapun kondisi anak.

18 Juni 2020

Catatan: Autisme adalah spektrum yang luas. Kondisi dan perkembangan masing-masing anak adalah unik dan berbeda. Program terapi ABA yang baik akan menyesuaikan dengan kondisi anak, dan anak akan berkembang sesuai kondisi masing-masing. Dibawah ini adalah video contoh kegiatan dan terapi Lio yang disesuaikan dan dilakukan oleh orangtua sendiri. Untuk kegiatan dan terapi anak anda, konsultasikan dengan profesional sebelum diterapkan. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari implementasi video ini tanpa pengetahuan yang cukup.

Beberapa video Lio berinteraksi dengan Mama Agnes

Mand Sendok

Intraverbal

Belajar di shopping mall