Terapi ABA 40 jam

Saya dengar ABA itu harus 40 jam seminggu atau 8 jam sehari, apakah ini benar? Bagaimana pendapat Ms. Meera tentang ini? (Imran, Makassar)

Studi awalnya adalah anak mendapatkan 40 jam seminggu dan mereka mendapatkan bahwa anak yang mendapat training selama 40 jam itu tidak bisa dibedakan dengan anak typical. Anak mendapatkan terapi yang intensif. Sekarang di US dan juga beberapa negara lain, asuransi meng-cover 20-40 jam terapi sehingga terapi center bersikeras anak-anak harus terapi selama itu. Tetapi, di negara-negara asia tidak mungkin memberikan 40 jam seminggu karena tidak di-cover oleh asuransi. Jika anda dapat memberikan intensif terapi, silahkan. Jika anda tidak dapat memberikan 40 jam, paling tidak anda memberikan 10-15 jam dan anda juga dapat melihat hasilnya. Tidak harus selalu 40 jam, jika anda tidak mampu membayarnya, bagaimana? Anda dapat memulainya dengan 10-20 jam kemudian mungkin sang ibu bisa melanjutkan terapi dirumah untuk menambah jamnya.

Jika anak mendapatkan 40 jam seminggu, bagaimana bentuk programnya? Tidak berarti anak harus mendaptkan terapi program selama 40 jam, bisa juga dalam situasi sekolah dimana sang anak selalu berada dalam behavior objective, anak mendapat bantuan dari guru pendamping dan melaksanakan behavior objective saat makan, mengerjakan tugas akademik, sehingga selalu ada interaksi dengan anak dan tidak membiarkan anak sendiri. Mungkin intensif selama 10 jam, dan sisanya tidak terlalu intensif dalam natural environment (NET) selama 10 jam yang tetap merupakan implementasi dari ABA.  Berapapun yang anda mampu berikan, silahkan berikan, tetapi ini juga bukan merupakan keharusan karena sangat bergantung juga dengan level dan kondisi anak untuk intensitas terapinya. Asalkan intensif dan setiap hari, silahkan, dan orangtua dapat melanjutkannya di rumah. Ini penting sekali karena begitu anak meninggalkan tempat terapi, beberapa masalah behavior mungkin muncul, sehingga disarankan 40 jam karena anak akan mendapatkan rapid repetitive program. Repetitive berarti anak akan belajar lebih cepat.

Apakah berarti anak harus datang ke center selama 40 jam seminggu?

Belum tentu, kami memiliki anak yang datang selama 10 jam dan tetap menunjukkan hasil yang bagus. Tidak berarti harus selalu 40 jam, tetapi tentu jika anda berikan 40 jam hasilnya akan lebih baik. Jika anda tidak bisa, berikan berapa yang anda bisa, kemudian libatkan orang-orang sekeliling anda untuk berinteraksi dengan sang anak.

Berikan contoh ide jika anak berusia dibawah 5 tahun mendapatkan training 40 jam seminggu?

DTT selama 2 jam, NET selama 2 jam, implementasi dalam makan, mengurus diri sendiri dengan task analysis dan program lain yang terstruktur seperti bermain, sosial, dll. Anda harus meng-cover semua domain sehingga contohnya ada 1 terapis melatih bermain, 1 terapis melatih bahasa dengan DTT, 1 terapis melatih akademik dengan DTT. Jika anak sudah bersekolah, tambahan 2-3 jam sehari akan banyak membantu anak. Bisa juga guru pendamping yang terlatih di ABA dapat melakukan 2 jam terapi di sekolah.