Qadra-Ibu Meta

Qadra yang saat ini berusia 5 tahun 2 bulan di diagnosa berada di spektrum autis di usia 3 tahun 3 bulan. Saat itu Qadra belum bisa bicara yang berarti, kontak mata jarang, sulit dipanggil, takut didekati orang, sering tantrum dan tidak sadar lingkungan. Tumbuh normal dan memiliki banyak babbling sejak bayi, Qadra terlihat kehilangan interaksinya di usia 18 bulan dan seperti asik dengan dirinya sampai usia 3 tahun lebih. Terkadang ada bersuara ujung-ujung kata, tetapi lebih banyak tidaknya.

Qadra Saat Bayi.
Masih sangat respons terhadap suara orangtua, Ibu Meta memanggil, Qadra masih respons dengan baik dan tersenyum. Cukup ramai babbling.

Usia 5 bulan
Usia 5 bulan

Qadra berusia 18 bulan dimana sudah minum respons saat dipanggil nama, tidak fokus, tidak melakukan ketika diberikan instruksi

Usia 1 tahun 6 bulan
Usia 2 tahun
Usia 3 tahun 3 bulan
Belum merespons instruksi, masih bermasalah dalam berjalan/keseimbangan

Walaupun sekali-sekali bisa bermain dan interaksi, tetapi banyaknya asik sendiri daripada interaksi dengan orang lain.

Usia 2 tahun
Usia 2 tahun 7 bulan

Sejak didiagnosa berada di spektrum autis, Qadra mulai melakukan terapi SI, OT, ABA dan terapi alternatif lain. Berdasarkan info dari seorang ibu anggota FB Grup Rury ABA/VB Untuk Autisma yang mengenalkan ABA/VB, Ibu Meta belajar sendiri dari website sambil menunggu training online yang antri. Saat Qadra tidur, Ibu Meta belajar dengan mencetak semua materi, membaca materi, menonton videonya serta mencatat setiap inti penjabaran materi. Selain itu Ibu Meta mengetik ulang semua point VBMAPP level 1, 2 dan 3 supaya paham maksudnya sebelum diterapkan. Total memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan untuk memahami konsep ABA/VB.

Setelah paham konsepnya, ibu Meta menerapkan ABA/VB kepada Qadra 6-7 jam sehari, dalam waktu 6 bulan perkembangan sangat menggembirakan sehingga Ibu Meta dan suami sepakat untuk fokus pada program VBMAPP. Apalagi dalam VBMAPP jelas sekali kemampuan anak yang bisa dan belum bisa, kemampuan yang harus dimiliki anak berdasarkan umur, potensi anak sesungguhnya dan kemampuan yang belum dimiliki anak. VBMAPP juga membantu memahami  kenapa anak menghindar belajar atau adanya problem behavior

Dari pemetaan VBMAPP, ibu Meta jadi mengerti potensi mana yang perlu di asah dari Qadra. Saat ini Qadra sudah memiliki kontak mata yang bagus, artikulasi tambah jelas, komunikasi 2 arah semakin lancar, kosa kata semakin banyak, interaksi sosial mulai terbentuk, lebih fleksibel dalam suatu situasi dan juga berbicara menggunakan kalimat lengkap. Selain itu penggunaan generalisasi kata/bahasa juga membaik, bisa bermain sendiri dan bersama teman, bercerita, mengungkapkan apa yang dirasakan, ekspresi dan emosi juga terbangun, empati mulai ada dan juga berpikir secara kritis dan logis. Saat ini Qadra yang sudah melampaui kemampuan berbahasa dan sosial VBMAPP, sejak berusia 4 tahun 10 bulan menjalankan program diatas VBMAPP, yaitu PEAK yang mengajarkan kemampuan berbahasa, sosial dan kognitif dibawah program konsultasi online ibu Rury. Beberapa contoh video Ibu Meta dalam melakukan terapi dan interaksi dengan Qadra dapat dilihat di youtube: Qadra Learning and Play. Silahkan subscribe supaya tidak tertinggal dengan video terbaru.

Pesan khusus kepada orangtua ABK

  1. Awal diagnosa merasa panik itu wajar, Ibu Meta pun merasakan hal sama yaitu panik, marah, denial, pupus harapan, tetapi jangan berlarut-larut.  Segera bangkit!! Karena anak butuh kita sebagai jembatan, sedini mungkin!! Karena semakin kecil, semakin mudah membentuk anak. Anak akan tumbuh besar sedangkan kita akan tua, kalau bukan kita yang membantu anak, siapa lagi ?
  2. Ibu Meta merasa jika kita sebagai orangtua lebih “cooling down” dan santai, hasil di anak pun akan berbeda, karena yang di transfer adalah energy. Energi positif akan sangat dirasakan memotivasi anak.
  3. Anggaplah kita ada disebuah kapal dimana tujuan haruslah sama. Ketika ibu, ayah dan anak sudah sejalan maka perjalanan akan lebih mudah.  Kenapa ? Karena tujuan sama dan visi misi sama, maka didalam kapal akan saling dukung, Hal ini adalah kunci kapal bisa berlabuh ditempat yang diharapkan.
  4. Menyenangkan. Lakukan sealami mungkin, se-happy mungkin, se-fun mungkin, sehingga anak akan cepat memahami apa yang ingin kita ajarkan. Selalu dimulai dari apa yang disukai anak yang kemudian dikembangkan supaya anak tidak bosan.
  5. Motivasi anak ini sangat berperan penting dalam fokus dan minatnya dalam belajar. Motivasi ini bisa kita gali dari karakter anak. Semakin kita sering berinteraksi dengan anak, semakin paham karakter anak. Misal Qadra adalah anak yang senang disemangati dan dipuji, maka Ibu Meta memberikan social reinforcer ketika Qadra susah fokus pada sekolah online, dan ini sangat berpengaruh, langsung terlihat hasilnya.
  6. Kunci dari mand adalah tidak memberikan apa-apa dengan gratis lagi sehingga anak perlu usaha, anak perlu berinteraksi.
  7. S2K2 Sabar = sabar, setiap yang dilakukan adalah proses butuh waktu. Stimulus = berikan stimulus sebanyak mungkin (selalu berpikir anak bisa, anak mampu, jangan pernah membatasi anak). Fokuslah pada potensi anak Ketika anak bisa, berikan lagi, ketika bisa, berikan lagi. Konsisten = konsisten dalam melakukan atau menerapkan ABA/VB ini.  Jika ibu melakukan, maka ayah juga, karena semua ini dimulai dari rumah. Komitmen = komitmen dengan apa yang sudah dibuat dari awal yaitu ABA/VB. Fokus disitu, jangan lirik-lirik lain lagi.

Catatan: Autisme adalah spektrum yang luas. Kondisi dan perkembangan masing-masing anak adalah unik dan berbeda. Program terapi ABA yang baik akan menyesuaikan dengan kondisi anak, dan anak akan berkembang sesuai kondisi masing-masing. Dibawah ini adalah video contoh kegiatan dan terapi Qadra yang disesuaikan dengan kondisi Qadra dan dilakukan oleh orangtua sendiri. Untuk kegiatan dan terapi anak anda, konsultasikan dengan profesional sebelum diterapkan. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari implementasi video ini tanpa pengetahuan yang cukup.

Video contoh Ibu Meta dan Qadra melakukan terapi ABA/VB dan interaksi sehari-hari dapat dilihat dibawah ini.

  1. Latihan Motorik dan Bermain
    https://www.rurysoeriawinata.com/latihan-motorik/
  2. Video VBMAPP
    https://www.rurysoeriawinata.com/video-vbmapp/
  3. Video PEAK
    https://www.rurysoeriawinata.com/video-peak/
  4. Kemandirian
    https://www.rurysoeriawinata.com/kemandirian-2/