Mand

Catatan: Autisme adalah spektrum yang luas. Kondisi dan perkembangan masing-masing anak adalah unik dan berbeda. Program terapi ABA yang baik akan menyesuaikan dengan kondisi anak, dan anak akan berkembang sesuai kondisi masing-masing. Dibawah ini adalah video contoh terapi Lyo yang disesuaikan dengan kondisi Lyo dan dilakukan oleh orangtua sendiri. Untuk terapi anak anda, konsultasikan dengan profesional sebelum diterapkan. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari implementasi video ini tanpa pengetahuan yang cukup.

Mand adalah kemampuan untuk meminta sesuatu barang atau aktivitas yang anak butuhkan. Mand adalah kunci untuk membuat anak vokal karena anak termotivasi untuk berinteraksi dan menjadi vokal untuk mendapatkan yang dia inginkan. Untuk tahap awal anak yang belum vokal, dipilih 3-5 target yang anak sukai barang atau aktivitas. Sesudah itu bisa ditingkatkan sesuai kondisi anak. Target dibuat bertingkat sesuai kemampuan anak. Target mand Lyo adalah s untuk s (pisang), bo (bola), du (madu), ka (buka), a (air), min (vitamin)

Usia 2 tahun 7 bulan

Usia 2 tahun 7 bulan (Mand Air)

Usia 2 tahun 10 bulan (Mand Pisang)

Usia 3 tahun (Mand Vitamin)

Usia 3 tahun 2 bulan (Mand Bermain Bola)

Usia 3 tahun 2 bulan (Manding Tenda)

Usia 3 tahun 2 bulan (Manding Madu)

Usia 3 tahun 2 bulan (Manding Buka)

Usia 3 tahun 2 bulan (Mand HP)

Untuk tahap awal dan mand sudah cukup berkembang tetapi mungkin artikulasi belum jelas, bisa dibantu dengan menggunakan visual prompt yang berfungsi sebagai prompt anak untuk mengingat apa yang dia inginkan dan juga orangtua memahami apa yang anak vokalkan.

Usia 3 tahun 2 bulan (Mand Roti)