VB-MAPP Milestones 2

Listener Responding Level 1

Apakah anak dapat mengerti dan memberikan respons terhadap perintah orang lain?

  1. Nilai 1 jika anak melihat kepada pihak yang berbicara dengan melakukan kontak mata sebanyak 5 kali dalam 30 menit. Nilai ½ jika anak dapat melakukan kontak mata selama 2 kali dalam 30 menit observasi.
  2. Nilai 1 jika anak menengok jika namanya dipanggil sebanyak 5 kali. Tidak ada angka ½ dalam nomor ini.
  3. Nilai 1 jika anak melihat, menyentuh atau menunjuk kepada sesuatu yang dikenalnya seperti anggota keluarga, binatang piaraan atau reinforcer ketika ditunjukkan 2 gambar sebanyak 5 barang. Nilai ½ jika anak dapat mengidentifikasi 2 nama reinforcer.
  4. Nilai 1 jika anak dapat melakukan 4 kegiatan motoric tanpa visual prompts. Misal: Tunjukkan tepuk tangan, Mana mata? Nilai ½ jika anak bisa dengan benar melakukan 2 kegiatan motoric.
  5. Nilai 1 jika anak dapat menunjuk dengan benar jika ditunjukkan 4 gambar sekaligus untuk 20 obyek atau gambar yang berbeda. Misalnya Tunjuk gambar bunga, Mana kue, Sentuh kursi, dll. Nilai ½ jika anak dapat mengidentifikasi 15 obyek atau gambar berbeda jika ditunjukkan 4 kartu sekaligus.

Kemampuan Persepsi Visual dan Menyamakan (VP-MTS) Level 1

Adalah kemampuan anak untuk mengikuti diskriminasi visual dan koordinasi dari beberapa tugas seperti puzzles, desain blok, mengurutkan, pattern, dan kemampuan menyamakan terhadap contoh.

  1. Nilai 1 jika anak dapat secara visual mengikuti/melihat obyek yang bergerak selama 2 detik selama 5 kali dalam waktu observasi 30 menit.  Nilai ½ jika anak bisa mengikuti obyek yang bergerak selama 2 detik selama 2 kali dalam waktu observasi 30 menit.
  2. Nilai 1 jika anak dapat memegang obyek yang kecil seperti krayon, pensil warna, dengan jempol, telunjuk dan jari tengah selama 5 kali. Nilai ½ ika anak bisa memegang tetapi membutuhkan 2 atau lebih usaha mengambil untuk barang yang ada di depannya.
  3. Nilai 1 jika anak dapat secara visual mengikuti/melihat mainan atau buku selama 30 detik (bukan aktivitas stimming). Nilai ½ jika anak bisa mengikuti mainan atau buku selama 15 detik.
  4. Nilai 1 jika anak dapat dengan mandiri menempatkan 3 jenis barang dalam container, mengatur 3 balok dan menempatkan 3 gelang-gelang pada tempatnya untuk 2 jenis aktivitas selama observasi atau assessment. Nilai ½ jika anak dapat menempatkan 2 jenis barang dalam container, mengatur 2 balok dan menempatkan 2 gelang-gelang pada tempatnya untuk 1 jenis aktivitas selama observasi atau assessment.
  5. Nilai 1 jika anak dapat dapat menyamakan 10 jenis obyek (puzzles bergambar, obyek atau gambar). Nilai ½ jika anak dapat menyamakan 5 jenis obyek.

Kemampuan Bermain Mandiri Level 1

Adalah kemampuan anak untuk secara spontan melakukan aktivitas bermain yang menarik untuk anak.

  1. Nilai 1 jika anak mampu secara mandiri memanipulasi dan eksplorasi objek/mainan selama 1 menit selama 30 menit observasi. Nilai ½ jika anak mampu secara mandiri memanipulasi dan eksplorasi objek/mainan selama 30 detik dalam 30 menit observasi.
  2. Nilai 1 jika anak mampu menunjukkan variasi bermain secara mandiri dengan 5 obyek/mainan dalam 30 menit observasi. Nilai ½ jika anak mampu menunjukkan variasi bermain secara mandiri dengan 3 jenis obyek/mainan dalam 30 menit observasi.
  3. Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri melakukan eksplorasi gerakan dan bermain di dalam tempat bermain yang baru selama 2 menit dalam 30 menit observasi. Nilai ½ jika anak dapat melakukan eksplorasi gerakan dan bermain di dalam tempat bermain yang baru selama 1 menit dalam 30 menit observasi.
  4. Nilai 1 jika anak secara mandiri dapat bermain yang melibatkan gerakan (ayunan, menari, melompat, memanjat) selama 2 menit dalam waktu observasi 30 menit. Nilai ½ jika anak secara mandiri bermain yang melibatkan gerakan selama 1 menit dalam waktu observasi 30 menit.
  5. Nilai 1 jika anak secara mandiri dapat bermain dengan mainan yang bersifat sebab akibat selama 2 menit dalam waktu observasi 30 menit. Contoh mainan: mainan yang bisa keluar/berbunyi jika dipencet, mainan yang bisa ditarik, menyusun balok-balok dan kemudian dirubuhkan, dll. Nilai ½ jika anak secara mandiri dapat bermain selama 1 menit dalam waktu observasi 30 menit.

Sosial dan Bermain Sosial Level 1

Adalah termasuk didalamnya kemampuan anak untuk bermain yang melibatkan orang lain dan mendapatkan reinforcement melalui orang lain tersebut.

  1. Nilai 1 jika anak dapat melakukan kontak mata untuk meminta sesuatu (mand) sebanyak 5 kali dalam waktu observasi 30 menit. Nilai ½ jika anak dapat melakukan kontak mata selama 2 kali dalam waktu observasi 30 menit.
  2. Nilai 1 jika anak mau digendong atau mau bermain bersama orang dewasa yang dia kenal sebanyak 2 kali dalam waktu 1 jam observasi. Nilai ½ anak mau digendong atau bermain sebanyak 1 kali dalam waktu 1 jam observasi.
  3. Nilai 1 jika anak secara spontan melakukan kontak mata dengan teman sebaya selama 5 kali dalam waktu 30 menit observasi. Nilai ½ jika anak secara spontan melakukan kontak mata dengan teman sebaya selama 2 kali dalam waktu 30 menit observasi.
  4. Nilai 1 jika anak secara spontan bermain parallel dengan anak lain (tanpa prompt dari orang dewasa) selama 2 menit dalam 30 menit observasi. Nilai ½ jika anak secara spontan bermain parallel dengan anak lain (tanpa prompt dari orang dewasa) selama 1 menit dalam 30 menit observasi.
  5. Nilai 1 jika anak secara spontan dapat mengikuti atau imitasi gerakan motor teman sebaya selama 2 kali dalam waktu 30 menit observasi. Nilai ½ jika anak secara spontan dapat mengikuti atau imitasi gerakan motor teman sebaya selama 1 kali dalam waktu 30 menit observasi.

Imitasi Gerakan Motor Level 1

Adalah kemampuan anak untuk melakukan imitasi gerakan motor dari orang lain.

  1. Nilai 1 jika anak dapat melakukan imitasi 2 gerakan motor dari orang dewasa jika di beri instruksi dengan “Lakukan”. Contoh: tepuk tangan, angkat tangan, toss, dll. Meskipun gerakannya baru mendekati belum sempurna tetap dihitung sebagai respons yang benar. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 1 gerakan motor. Jangan beri point jika anak selalu melakukan gerakan yang sama (tidak mengikuti gerakan orang lain tetapi memang anak senang tepuk tangan).
  2. Nilai 1 jika anak dapat melakukan imitasi 4 gerakan motor dari orang dewasa jika diberi perintah “Lakukan”. Meskipun gerakannya baru mendekati belum sempurna tetap dihitung sebagai respons yang benar. Nilai ½ jika anak dapat melakukan imitasi 3 gerakan motor.
  3. Nilai 1 jika anak dapat melakukan imitasi 8 gerakan, dimana 2 di antaranya melibatkan obyek, misal bermain drum, menggoyang maraca. Meskipun gerakannya baru mendekati belum sempurna tetap dihitung sebagai respons yang benar. Nilai ½ jika anak dapat melakukan imitasi 6 gerakan apa saja (dengan atau tanpa obyek lain).
  4. Nilai 1 jika anak secara spotan mengikuti gerakan paling tidak 2 gerakan motor dari orang lain dalam 5 kesempatan. Nilai ½ jika anak secara spontan mengikuti 1 gerakan motor dari orang lain dalam 2 kesempatan.
  5. Nilai 1 jika anak dapat melakukan 20 gerakan motor apa saja (dengan atau tanpa obyek lain). Nilai ½ jika anak dapa tmengikutir 15 gerakan motor apa saja (dengan atau tanpa obyek lain).

Assessment Kemampuan Echoic Level 1

Adalah kemampuan anak untuk melakukan imitasi bunyi atau kata. Kemampuan untuk mengulang dari mendengar suara atau kata orang lain adalah sangat penting dalam belajar berbicara dan belajar kemampuan berbahasa yang lebih kompleks. Kemampuan ini termasuk mengikuti bunyi satu suku kata, dua suku kata, 3 suku kata dalam bentuk kata atau frasa termasuk di dalamnya adalah intonasi, nada, kekuatan suara dan panjang bersuara. Kemampuan ini di tes dalam berbahasa Inggris, belum ada versi bahasa Indonesia.

Gerakan Vokal Spontan Level 1

Adalah kemampuan anak untuk secara spontan melakukan vokal behavior.

  1. Nilai 1 jika anak secara spontan dapat menghasilkan rata-rata 5 kali bersuara dalam per jamnya. Contoh: ah atau ma. Jangan diberikan nilai jika merupakan stimming. Nilai ½ jika anak secara spontan dapat menghasilkan rata-rata 2 kali bersuara per jamnya.
  2. Nilai 1 jika anak secara spontan dapat menghasilkan 5 jenis suara yang berbeda, dengan rata-rata menghasilkan 10 suara dalam observasi 60 menit, tidak termasuk stimming. Contoh: ah, ba, ma, na, ga, dll. Nilai ½ jika anak secara spontan dapat menghasilkan 3 jenis suara yang berbeda, dengan rata-rata menghasilkan 10 suara dalam observasi 60 menit.
  3. Nilai 1 jika anak secara spontan menghasilkan 10 jenis suara yang berbeda dengan berbagai intonasi, dan rata-rata menghasilkan 25 suara per jamnya. Nilai ½ jika anak secara spontan dapat menghasilkan 5 jenis suara yang berbeda dengan berbagai intonasi dan rata-rata menghasilkan 25 suara per jamnya.
  4. Nilai 1 jika anak secara spontan dapat menghasilkan 5 kata (atau mendekati kata) selama observasi 60 menit. Contoh: mama, maem (makan), pupuk (krupuk), dll. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan 2 kata (atau mendekati kata) selama observasi 60 menit.
  5. Nilai 1 jika anak secara spontan dapat memproduksi 15 kata atau frasa dengan intonasi dan ritme yang benar serta dapat dimengerti dalam waktu 60 menit. Nilai ½ jika anak secara spontan dapat memproduksi 8 kata atau frasa dengan intonasi dan ritme yang benar serta dapat dimengerti dalam waktu 60 menit.