Independent Play Level 2
- Nilai 1 jika anak secara aktif dan mandiri mencari bagian yang hilang dari sebuah mainan atau bagian mainan sebanyak 5 bagian ketika bagian itu disimpan, sengaja atau tidak sengaja. Nilai ½ jika anak secara aktif dan mandiri mencari bagian yang hilang dari sebuah mainan atau bagian mainan sebanyak 2 bagian ketika bagian itu disimpan, sengaja atau tidak sengaja.
- Nilai 1 jika anak secara mandiri dapat menggunakan/bermain dengan mainan atau obyek sesuai dengan fungsinya untuk 5 benda. Contoh: telfon diletakkan di kuping, sisir digunakan untuk menyisir. Nilai ½ jika anak secara mandiri dapat menggunakan/bermain dengan mainan atau obyek sesuai dengan fungsinya untuk 2 benda.
- Nilai 1 jika anak dapat bermain secara kreatif dengan 2 benda sehari-hari yang berbeda. Misal menggunakan panci sebagai drum, boks sebagai mobil-mobilan (stimming tidak dihitung). Nilai ½ jika anak dapat bermain secara kreatif dengan 1 benda.
- Nilai 1 jika anak dapat bermain dengan alat-alat di taman bermain selama 5 menit dalam waktu observasi 30 menit. Contohnya bermain ayunan, perosotan, dll. Nilai ½ jika anak dapat bermain dengan alat-alat di taman bermain selama 2 menit dalam waktu observasi 30 menit.
- Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri membangun atau memasang mainan yang terdiri dari beberapa bagian sebanyak 5 mainan. Misal: Mr. Potato Head, lego, robot-robotan. Nilai ½ jika anak dapat secara mandiri membangun atau memasang mainan yang terdiri dari beberapa bagian sebanyak 2 mainan.
Sosialisasi dan Bermain Sosial Level 2
- Nilai 1 jika anak memulai interaksi dengan seorang teman sebanyak 2 kali dalam 30 menit observasi. Contoh: mendorong wagon, pegang tangan. Nilai ½ jika anak memulai interaksi dengan seorang teman sebanyak 1 kali dalam 30 menit observasi.
- Nilai 1 jika anak secara spontan mand/meminta menggunakan 2 kata mand kepada temannya sebanyak 5 kali selama 1 jam observasi. Mand bisa dalam beberapa bentuk misal kata benda: makanan, atau kata kerja: ayo main, dorong saya. Nilai ½ jika anak secara spontan mand/meminta menggunakan 1 kata mand kepada temannya sebanyak 2 kali selama 1 jam observasi.
- Nilai 1 jika anak terlibat aktif bermain secara sosial dengan teman-temannya selama 5 menit tanpa prompt dari orang dewasa selama 30 menit observasi (bukan parallel play). Nilai ½ jika anak terlibat aktif bermain secara sosial dengan teman-temannya selama 2 menit tanpa prompt dari orang dewasa selama 30 menit observasi.
- Nilai 1 jika anak secara spontan merespons terhadap 2 mand yang berbeda dari teman-temannya selama 5 kali dalam observasi atau testing. Jangan berikan nilai jika masih harus di prompt oleh orang dewasa. Nilai ½ jika anak secara spontan merespons terhadap mand dari teman-temannya sebanyak 2 kali selama observasi atau testing.
- Nilai 1 jika anak secara spontan mand terhadap teman-temannya mengajak untuk berpartisipasi dalam bermain, bermain sosial atau aktivitas sosial sebanyak 2 kali dalam 1 jam observasi. Contoh: main sama saya, yuk jadi monster, mau bermain lego? Nilai ½ jika anak secara spontan mand terhadap teman-temannya mengajak untuk berpartisipasi dalam bermain, bermain sosial atau aktivitas sosial sebanyak 1 kali dalam 1 jam observasi.
Imitasi Motor Level 2
- Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 10 gerakan yang berbeda dengan menggunakan obyek yang dipilih dari 3 pilihan ketika di prompt “Tirukan”. Misal: memutar ban, memukul drum, membunyikan bel. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 5 gerakan yang berbeda dngan menggunakan obyek yang dipilih dari 3 pilihan kekita di prompt “Tirukan”.
- Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 20 gerakan motorik halus ketika di prompt “Tirukan”. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 10 gerakan motorik halus ketika di prompt “Tirukan”.
- Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 10 gerakan berbeda dari 3 gerakan yang berurutan, ketika di prompt “Tirukan”. Misal tepuk tangan, loncat dan sentuh hidung; ambil boneka, tidurkan di boks bayi dan goyang boks bayi (dalam terapi atau alami). Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 5 gerakan berbeda dari 2 gerakan yang berurutan, ketika di prompt “Tirukan” (dalam terapi atau alami).
- Nilai 1 jika anak dapat secara spontan tanpa prompt dari orang dewasa untuk mengikuti 5 behavior yang fungsional dalam kehidupan sehari-hari. Misal makan dengan sendok, mencopot sepatu, buka jaket dan menggantung di gantungan baju. Nilai ½ jika anak dapat secara spontan tanpa prompt dari orang dewasa untuk mengikuti 2 behavior yang fungsional dalam kehidupan sehari-hari.
- Nilai 1 jika anak dapat mengikuti (atau mendekati) gerakan yang baru yang dicontohkan orang dewasa, dengan atau tanpa obyek dengan prompt “Tirukan”. Nilai ½ tidak ada dalam kategori ini.
Echoic (EESA) Subtest – Level 2
Dalam level 2 ini anak diharapkan dapat mengimitasi (echo) kata atau frasa pendek sampai 3 suku kata dengan volume, nada dan prosody yang tepat.
Listener Responding berdasarkan Fungsi, Sifat dan Kelas (LRFFC) Level 2
- Nilai 1 jika anak dapat memilih 5 makanan/minuman ketika ditunjukkan dalam barisan 5 gambar barang (1 makanan/minuman yang 4 lainnya barang-barang lain). Orang dewasa memberikan pernyataan “Kamu makan ______” atau “Kamu minum ______”. Nilai ½ jika anak dapat memilih 2 makanan/minuman ketika ditunjukkan dalam barisan 5 gambar barang.
- Nilai 1 jika anak dapat memilih dari barisan 8 gambar untuk 25 kata mengisi pernyataan. Barang-barang tersebut anak sudah bisa identifikasi dan tact. Contoh: Kamu tidur di ____ (tempat tidur), kamu meniup _____ (balon), kamu makan dengan ____ (sendok). Nilai ½ jika anak dapat memilih dari barisan 8 gambar untuk 12 kata mengisi pernyataan.
- Nilai 1 jika anak dapat memilih dari barisan 10 gambar (atau dari buku bergambar) untuk 25 benda untuk menjawab pertanyaan apa, yang mana atau siapa. Contoh: Siapa yang mengantar kamu sekolah? Apa yang mengeong? Siapa temannya Dora? Nilai ½ jika anak dapat memilih dari barisan 10 gambar (atau dari buku bergambar) untuk 12 benda.
- Nilai 1 jika anak dapat menunjuk/memilih dari barisan 10 gambar atau dari buku bergambar untuk 25 benda (yang meliputi banyak kategori: binatang, baju, makanan, dll), terapis menggunakan 3 pertanyaan yang berbeda. Misal pertanyaan tentang pesawat. Apa yang bisa terbang? Apa yang memiliki sayap? Apa yang dikemudikan pilot? Nilai ½ jika anak dapat menunjuk/memilih dari barisan 10 gambar atau dari buku bergambar untuk 12 benda.
- Nilai 1 jika anak secara spontan tact untuk 50% dari target LRFFC. Tact disini sudah menggunakan 2 atau 3 sifat/fungsi/kategori. Contoh: Binatang apa yang hidup di air? Setelah mandi, apa yang kamu lakukan? Apa yang kamu pelajari hari ini di sekolah? Nilai ½ jika anak secara spontan tact untuk 25% dari target LRFFC, atau jika dia dapat tact 50% dari target LRFFC tetapi membutuhkan 1 prompt di awal sesi.
Intraverbal
- Nilai 1 jika anak dapat mengisi titik-titik dari 10 lagu atau frasa yang berbeda, aktivitas bermain, suara binatang, dll. Contoh: cicak cicak di ____ (dinding) , Naik ____ (turun), Kucing ___ (meong). Nilai ½ jika anak dapat mengisi titik-titik dari 5 lagu atau frasa.
- Nilai 1 jika anak dapat menjawab namanya jika ditanya “Siapa namamu?”. Nilai ½ tidak ada.
- Nilai 1 jika anak dapat mengisi kata yang hilang dari 25 frasa yang diketahui umum. Contoh: Kamu tidur di ____ (tempat tidur), Cuci ____ (tangan), Sapu ___ (lantai). Nilai ½ jika anak dapat mengisi 12 frasa.
- Nilai 1 jika anak dapat menjawab 25 pertanyaan umum “apa” tanpa echoic atau keberadaan bendanya. Contoh: Apa yang kamu minum? Binatang apa yang kamu suka? Apa makanan favoritmu? Nilai ½ jika anak dapat menjawab 12 pertanyaan umum “apa”.
- Nilai 1 jika anak dapat menjawab 25 pertanyaan siapa atau dimana tanpa echoic atau ada keberadaan bendanya. Contoh: siapa yang mengajar di sekolah? Siapa yang memeriksa kamu saat sakit? Dimana kamu menemukan sikat gigi? Dimana kuenya? Dimana mobil ayah? Nilai ½ jika anak dapat menjawab 12 pertanyaan siapa atau dimana tanpa echoic atau ada keberadaan bendanya.
Rutinitas dalam Kelas dan Kemampuan dalam Grup
- Nilai 1 jika anak dapat duduk diam saat makan snack atau makan siang tanpa masalah perilaku selama 3 menit. Anak dapat diprompt (gestural dan verbal) untuk duduk lagi setelah 3 menit duduk diam. Nilai ½ jika anak dapat duduk diam saat makan snack atau makan siang tanpa masalah perilaku selama 1 menit.
- Nilai 1 jika anak dapat melakukan aktivitas rutin kelas seperti membereskan tas, berbaris, datang ke meja hanya dengan 1 perintah/prompt (dalam grup) saat observasi. Nilai ½ jika anak dapat melakukan aktivitas rutin kelas dengan 2 prompts atau lebih saat obervasi.
- Nilai 1 jika anak dapat melakukan 80% transisi di kelas dengan hanya 1 gestural atau verbal prompt tanpa masalah perilaku. Nilai ½ jika anak dapat melakukan transisi di kelas dengan menggunakan 2 prompt atau lebih saat observasi (tidak termasuk prompt fisik).
- Nilai 1 jika anak dapat duduk dalam grup (circle-time) yang terdiri dari 3 anak atau lebih selama 5 menit tanpa masalah perilaku atau berusaha meninggalkan grup. Nilai ½ jika anak dapat duduk dalam grup (circle-time) selama 2 menit tanpa masalah perilaku atau berusaha meninggalkan grup.
- Nilai 1 jika anak dapat duduk dalam grup yang melakukan aktivitas (circle time, prakarya, dll) dengan 3 anak atau lebih selama 10 menit, atensi terhadap guru paling tidak 50% dari waktu tersebut, serta mengikuti/menjawab 5 perintah/pertanyaan guru. Nilai ½ jika anak dapat duduk dalam grup yang melakukan aktivitas dengan 3 anak atau lebih selama 10 menit, atensi terhada guru 33% dari waktu tersebut, serta mengikuti 2 instruksi guru.
Struktur linguistic
- Nilai 1 jika orang dewasa yang dia kenal dapat mengerti artikulasi dari 10 tact sang anak. Nilai ½ jika orang dewasa yang dia kenal dapat mengerti artikulasi dari 5 tact sang anak.
- Nilai 1 jika anak dapat menunjuk pada identifikasi 100 kata yang dipilih dari 5 barisan gambar atau melakukan gerakan yang spesifik. Contoh: pegang hidung, loncat, tunjuk kunci. Nilai ½ jika anak dapat menunjuk pada identifikasi 50 kata yang dipilih dari 5 barisan gambar atau melakukan gerakan yang spesifik.
- Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan 10 jenis 2 kata berbeda per hari dari mand atau tact, kecuali echoic. Bisa dibantu verbal prompt seperti “Apakah itu?” atau “Apa yang kamu mau?”. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan 5 jenis 2 kata berbeda per hari dari mand atau tact, kecuali echoic.
- Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan prosody fungsional (ritme, stress dan intonasi) dari beberapa kata atau frasa dalam 5 kesempatan berbeda dalam 1 hari. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan prosody fungsional dari beberapa kata atau frasa dalam 2 kesempatan berbeda dalam 1 hari.
- Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan total 300 kata (semua verbal operant: mand, tact, intraverbal, kecuali echoic). Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan total 200 kata.