VB-MAPP Milestones 4

 

Independent Play Level 2

  1. Nilai 1 jika anak secara aktif dan mandiri mencari bagian yang hilang dari sebuah mainan atau bagian mainan sebanyak 5 bagian ketika bagian itu disimpan, sengaja atau tidak sengaja. Nilai ½ jika anak secara aktif dan mandiri mencari bagian yang hilang dari sebuah mainan atau bagian mainan sebanyak 2 bagian ketika bagian itu disimpan, sengaja atau tidak sengaja.
  2. Nilai 1 jika anak secara mandiri dapat menggunakan/bermain dengan mainan atau obyek sesuai dengan fungsinya untuk 5 benda. Contoh: telfon diletakkan di kuping, sisir digunakan untuk menyisir. Nilai ½ jika anak secara mandiri dapat menggunakan/bermain dengan mainan atau obyek sesuai dengan fungsinya untuk 2 benda.
  3. Nilai 1 jika anak dapat bermain secara kreatif dengan 2 benda sehari-hari yang berbeda. Misal menggunakan panci sebagai drum, boks sebagai mobil-mobilan (stimming tidak dihitung). Nilai ½ jika anak dapat bermain secara kreatif dengan 1 benda.
  4. Nilai 1 jika anak dapat bermain dengan alat-alat di taman bermain selama 5 menit dalam waktu observasi 30 menit. Contohnya bermain ayunan, perosotan, dll. Nilai ½ jika anak dapat bermain dengan alat-alat di taman bermain selama 2 menit dalam waktu observasi 30 menit.
  5. Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri membangun atau memasang mainan yang terdiri dari beberapa bagian sebanyak 5 mainan. Misal: Mr. Potato Head, lego, robot-robotan. Nilai ½ jika anak dapat secara mandiri membangun atau memasang mainan yang terdiri dari beberapa bagian sebanyak 2 mainan.

 

Sosialisasi dan Bermain Sosial Level 2

  1. Nilai 1 jika anak memulai interaksi dengan seorang teman sebanyak 2 kali dalam 30 menit observasi. Contoh: mendorong wagon, pegang tangan. Nilai ½ jika anak memulai interaksi dengan seorang teman sebanyak 1 kali dalam 30 menit observasi.
  2. Nilai 1 jika anak secara spontan mand/meminta menggunakan 2 kata mand kepada temannya sebanyak 5 kali selama 1 jam observasi. Mand bisa dalam beberapa bentuk misal kata benda: makanan, atau kata kerja: ayo main, dorong saya. Nilai ½ jika anak secara spontan mand/meminta menggunakan 1 kata mand kepada temannya sebanyak 2 kali selama 1 jam observasi.
  3. Nilai 1 jika anak terlibat aktif bermain secara sosial dengan teman-temannya selama 5 menit tanpa prompt dari orang dewasa selama 30 menit observasi (bukan parallel play). Nilai ½ jika anak terlibat aktif bermain secara sosial dengan teman-temannya selama 2 menit tanpa prompt dari orang dewasa selama 30 menit observasi.
  4. Nilai 1 jika anak secara spontan merespons terhadap 2 mand yang berbeda dari teman-temannya selama 5 kali dalam observasi atau testing. Jangan berikan nilai jika masih harus di prompt oleh orang dewasa. Nilai ½ jika anak secara spontan merespons terhadap mand dari teman-temannya sebanyak 2 kali selama observasi atau testing.
  5. Nilai 1 jika anak secara spontan mand terhadap teman-temannya mengajak untuk berpartisipasi dalam bermain, bermain sosial atau aktivitas sosial sebanyak 2 kali dalam 1 jam observasi. Contoh: main sama saya, yuk jadi monster, mau bermain lego? Nilai ½ jika anak secara spontan mand terhadap teman-temannya mengajak untuk berpartisipasi dalam bermain, bermain sosial atau aktivitas sosial sebanyak 1 kali dalam 1 jam observasi.

 

Imitasi Motor Level 2

  1. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 10 gerakan yang berbeda dengan menggunakan obyek yang dipilih dari 3 pilihan ketika di prompt “Tirukan”. Misal: memutar ban, memukul drum, membunyikan bel. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 5 gerakan yang berbeda dngan menggunakan obyek yang dipilih dari 3 pilihan kekita di prompt “Tirukan”.
  2. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 20 gerakan motorik halus ketika di prompt “Tirukan”. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 10 gerakan motorik halus ketika di prompt “Tirukan”.
  3. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 10 gerakan berbeda dari 3 gerakan yang berurutan, ketika di prompt “Tirukan”. Misal tepuk tangan, loncat dan sentuh hidung; ambil boneka, tidurkan di boks bayi dan goyang boks bayi (dalam terapi atau alami). Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 5 gerakan berbeda dari 2 gerakan yang berurutan, ketika di prompt “Tirukan” (dalam terapi atau alami).
  4. Nilai 1 jika anak dapat secara spontan tanpa prompt dari orang dewasa untuk mengikuti 5 behavior yang fungsional dalam kehidupan sehari-hari. Misal makan dengan sendok, mencopot sepatu, buka jaket dan menggantung di gantungan baju. Nilai ½ jika anak dapat secara spontan tanpa prompt dari orang dewasa untuk mengikuti 2 behavior yang fungsional dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti (atau mendekati) gerakan yang baru yang dicontohkan orang dewasa, dengan atau tanpa obyek dengan prompt “Tirukan”. Nilai ½ tidak ada dalam kategori ini.

 

Echoic (EESA) Subtest – Level 2

Dalam level 2 ini anak diharapkan dapat mengimitasi (echo) kata atau frasa pendek sampai 3 suku kata  dengan volume, nada dan prosody yang tepat.

 

Listener Responding berdasarkan Fungsi, Sifat dan Kelas (LRFFC) Level 2

  1. Nilai 1 jika anak dapat memilih 5 makanan/minuman ketika ditunjukkan dalam barisan 5 gambar barang (1 makanan/minuman yang 4 lainnya barang-barang lain). Orang dewasa memberikan pernyataan “Kamu makan ______” atau “Kamu minum ______”. Nilai ½ jika anak dapat memilih 2 makanan/minuman ketika ditunjukkan dalam barisan 5 gambar barang.
  2. Nilai 1 jika anak dapat memilih dari barisan 8 gambar untuk 25 kata mengisi pernyataan. Barang-barang tersebut anak sudah bisa identifikasi dan tact. Contoh: Kamu tidur di ____ (tempat tidur), kamu meniup _____ (balon), kamu makan dengan ____ (sendok). Nilai ½ jika anak dapat memilih dari barisan 8 gambar untuk 12 kata mengisi pernyataan.
  3. Nilai 1 jika anak dapat memilih dari barisan 10 gambar (atau dari buku bergambar) untuk 25 benda untuk menjawab pertanyaan apa, yang mana atau siapa. Contoh: Siapa yang mengantar kamu sekolah? Apa yang mengeong? Siapa temannya Dora? Nilai ½ jika anak dapat memilih dari barisan 10 gambar (atau dari buku bergambar) untuk 12 benda.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menunjuk/memilih dari barisan 10 gambar atau dari buku bergambar untuk 25 benda (yang meliputi banyak kategori: binatang, baju, makanan, dll), terapis menggunakan 3 pertanyaan yang berbeda. Misal pertanyaan tentang pesawat. Apa yang bisa terbang? Apa yang memiliki sayap? Apa yang dikemudikan pilot? Nilai ½ jika anak dapat menunjuk/memilih dari barisan 10 gambar atau dari buku bergambar untuk 12 benda.
  5. Nilai 1 jika anak secara spontan tact untuk 50% dari target LRFFC. Tact disini sudah menggunakan 2 atau 3 sifat/fungsi/kategori. Contoh: Binatang apa yang hidup di air? Setelah mandi, apa yang kamu lakukan? Apa yang kamu pelajari hari ini di sekolah? Nilai ½ jika anak secara spontan tact untuk 25% dari target LRFFC, atau jika dia dapat tact 50% dari target LRFFC tetapi membutuhkan 1 prompt di awal sesi.

 

Intraverbal

  1. Nilai 1 jika anak dapat mengisi titik-titik dari 10 lagu atau frasa yang berbeda, aktivitas bermain, suara binatang, dll. Contoh: cicak cicak di ____ (dinding) , Naik ____ (turun), Kucing ___ (meong). Nilai ½ jika anak dapat mengisi titik-titik dari 5 lagu atau frasa.
  2. Nilai 1 jika anak dapat menjawab namanya jika ditanya “Siapa namamu?”. Nilai ½ tidak ada.
  3. Nilai 1 jika anak dapat mengisi kata yang hilang dari 25 frasa yang diketahui umum. Contoh: Kamu tidur di ____ (tempat tidur), Cuci ____ (tangan), Sapu ___ (lantai). Nilai ½ jika anak dapat mengisi 12 frasa.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menjawab 25 pertanyaan umum “apa” tanpa echoic atau keberadaan bendanya. Contoh: Apa yang kamu minum? Binatang apa yang kamu suka? Apa makanan favoritmu? Nilai ½ jika anak dapat menjawab 12 pertanyaan umum “apa”.
  5. Nilai 1 jika anak dapat menjawab 25 pertanyaan siapa atau dimana tanpa echoic atau ada keberadaan bendanya. Contoh: siapa yang mengajar di sekolah? Siapa yang memeriksa kamu saat sakit? Dimana kamu menemukan sikat gigi? Dimana kuenya? Dimana mobil ayah? Nilai ½ jika anak dapat menjawab 12 pertanyaan siapa atau dimana tanpa echoic atau ada keberadaan bendanya.

 

Rutinitas dalam Kelas dan Kemampuan dalam Grup

  1. Nilai 1 jika anak dapat duduk diam saat makan snack atau makan siang tanpa masalah perilaku selama 3 menit. Anak dapat diprompt (gestural dan verbal) untuk duduk lagi setelah 3 menit duduk diam. Nilai ½ jika anak dapat duduk diam saat makan snack atau makan siang tanpa masalah perilaku selama 1 menit.
  2. Nilai 1 jika anak dapat melakukan aktivitas rutin kelas seperti membereskan tas, berbaris, datang ke meja hanya dengan 1 perintah/prompt (dalam grup) saat observasi. Nilai ½ jika anak dapat melakukan aktivitas rutin kelas dengan 2 prompts atau lebih saat obervasi.
  3. Nilai 1 jika anak dapat melakukan 80% transisi di kelas dengan hanya 1 gestural atau verbal prompt tanpa masalah perilaku. Nilai ½ jika anak dapat melakukan transisi di kelas dengan menggunakan 2 prompt atau lebih saat observasi (tidak termasuk prompt fisik).
  4. Nilai 1 jika anak dapat duduk dalam grup (circle-time) yang terdiri dari 3 anak atau lebih selama 5 menit tanpa masalah perilaku atau berusaha meninggalkan grup. Nilai ½ jika anak dapat duduk dalam grup (circle-time) selama 2 menit tanpa masalah perilaku atau berusaha meninggalkan grup.
  5. Nilai 1 jika anak dapat duduk dalam grup yang melakukan aktivitas (circle time, prakarya, dll) dengan 3 anak atau lebih selama 10 menit, atensi terhadap guru paling tidak 50% dari waktu tersebut, serta mengikuti/menjawab 5 perintah/pertanyaan guru. Nilai ½ jika anak dapat duduk dalam grup yang melakukan aktivitas dengan 3 anak atau lebih selama 10 menit, atensi terhada guru 33% dari waktu tersebut, serta mengikuti 2 instruksi guru.

 

Struktur linguistic

  1. Nilai 1 jika orang dewasa yang dia kenal dapat mengerti artikulasi dari 10 tact sang anak. Nilai ½ jika orang dewasa yang dia kenal dapat mengerti artikulasi dari 5 tact sang anak.
  2. Nilai 1 jika anak dapat menunjuk pada identifikasi 100 kata yang dipilih dari 5 barisan gambar atau melakukan gerakan yang spesifik. Contoh: pegang hidung, loncat, tunjuk kunci. Nilai ½ jika anak dapat menunjuk pada identifikasi 50 kata yang dipilih dari 5 barisan gambar atau melakukan gerakan yang spesifik.
  3. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan 10 jenis 2 kata berbeda per hari dari mand atau tact, kecuali echoic. Bisa dibantu verbal prompt seperti “Apakah itu?” atau “Apa yang kamu mau?”. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan 5 jenis 2 kata berbeda per hari dari mand atau tact, kecuali echoic.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan prosody fungsional (ritme, stress dan intonasi) dari beberapa kata atau frasa dalam 5 kesempatan berbeda dalam 1 hari. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan prosody fungsional dari beberapa kata atau frasa dalam 2 kesempatan berbeda dalam 1 hari.
  5. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan total 300 kata (semua verbal operant: mand, tact, intraverbal, kecuali echoic). Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan total 200 kata.
Peringatan: Informasi yang saya tulis harap digunakan sebagai informasi yang memperkaya pengetahuan anda, tetapi sebaiknya anda komunikasikan dengan professional yang menangani anak anda sebelum diterapkan. Ilmu yang saya sampaikan sesuai dengan keilmuan yang saya pelajari tetapi harus dipahami bahwa setiap kasus anak adalah unik. Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari informasi yang anda terima.