VB-MAPP Milestones 6

*

*

Kemampuan Bermain dan Bermain Sosial Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat secara spontan bekerjasama dengan temannya untuk bermain mencapai tujuan tertentu sebanyak 5 kali selama observasi atau testing tanpa prompt dari orang dewasa atau reinforcement (teman dapat mem-prompt sang anak misal dengan membantu membawa ember). Misal anak membawa ember, kemudian temannya menuang air ke ember. Nilai ½ jika anak dapat secara spontan bekerjasama dengan temannya untuk bermain mencapai tujuan tertentu sebanyak 2 kali selama observasi atau testing tanpa prompt dari orang dewasa atau reinforcement
  2. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan 5 spontan mand yang berbeda dalam 1 jam yang melibatkan bertanya kepada teman atau mencari informasi (apa, siapa, kemana, dll). Contoh: Kamu mau kemana? Apa itu? Apa yang kamu lakukan? Nilai 1/2 jika anak dapat menghasilkan 2 spontan mand yang berbeda dalam 1 jam yang melibatkan bertanya kepada teman atau mencari informasi.
  3. Nilai 1 jika anak dapat menjawab intraverbal respons terhadap 5 pertanyaan atau pernyataan dari temannya selama 1 jam observasi atau testing tanpa prompt dari adult atau reinforcement. Contoh: Kamu sedang apa? Ingin main apa? Tadi siang kamu makan apa? Nilai ½ jika anak dapat menjawab intraverbal respons terhadap 2 pertanyaan atau pernyataan dari temannya selama 1 jam observasi atau testing tanpa prompt dari adult atau reinforcement.
  4. Nilai 1 jika anak dapat terlibat dalam bermain imajinasi atau sosial bersama temannya tanpa prompt selama 5 menit. Nilai ½ jika anak dapat terlibat dalam bermain imajinasi atau sosial bersama temannya tanpa prompt selama 2 menit.
  5. Nilai 1 jika anak dapat memulai interaksi verbal atau memberikan spontan respons terhadap pertanyaan atau pernyataan dari temannya tentang topik yang relevant paling tidak 4 kali percakapan bolak balik. Misal teman berkata: “Saya butuh lem”, anak menjawab “Ini dia” (1). Setelah itu sang anak butuh lem, dia berkata pada temannya “Saya butuh lem” kemudian temannya memberikan (2). Kemudian temannya berkata “Lihat, kamu menumpahkan lem”, anak berkata “Saya butuh tissue” (3). Sang teman memberikan tissue dan berkata “Ini tissue”. Sang anak menjawab “Terima kasih” (4). Nilai ½ jika anak dapat memulai interaksi verbal atau memberikan spontan respons terhadap pertanyaan atau pernyataan dari temannya tentang topik yang relevant paling tidak 2 kali percakapan bolak balik.

 

Kemampuan Membaca Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat memberikan atensi ketika dibacakan buku cerita selama 75% dalam periode 3 menit tanpa prompt untuk selalu memberika atensi ke buku. Nilai ½ jika anak dapat memberikan atensi ketika dibacakan buku cerita selama 50% dalam periode 3 menit tanpa prompt untuk selalu memberika atensi ke buku.
  2. Nilai 1 jika anak dapat memilih 1 huruf besar dari barisan 5 huruf besar sebanyak 10 huruf besar berbeda. Nilai ½ jika anak dapat memilih 1 huruf besar dari barisan 5 huruf besar sebanyak 5 huruf besar berbeda.
  3. Nilai 1 jika anak dapat melabel 10 huruf besar. Nilai ½ jika anak dapat melabel 5 huruf besar.
  4. Nilai 1 jika anak dapat membaca namanya sendiri ketika diberikan tulisan nama dengan prompt “Tulisan apa ini?”. Hati-hati tidak memberikan petunjuk tentang nama, misalnya dengan promt “Nama siapa ini?”. Tidak ada nilai ½ dalam kategori ini.
  5. Nilai 1 jika anak dapat menyamakan 5 kata dengan gambarnya atau kebalikannya dari barisan 5 gambar. Nilai ½ jika anak dapat menyamakan 3 kata dengan gambarnya atau kebalikannya dari barisan 3 gambar.

 

Kemampuan Menulis Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat mengikuti 5 gambar atau bentuk yang dicontohkan oleh orang dewasa. Menggunakan alat tulis apa saja bisa krayon, spidol, pensil, kapur dan media tulis apa saja bisa kertas, papan tulis, whiteboard, dll. Contoh gambar: garis atas bawah, naik turun, lingkaran, dll. Nilai ½ jika anak dapat mengikuti 3 gambar atau bentuk yang dicontohkan oleh orang dewasa.
  2. Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri men-trace 5 gambar dalam radius 0.6 cm bentuk geometri dengan beberapa sudut, contoh: lingkaran, bujursangkar, persegi panjang, dll. Nilai ½ jika anak dapat secara mandiri men-trace 5 gambar dalam radius 1.2 cm.
  3. Nilai 1 jika anak dapat meng-copy 10 huruf atau angka secara baik. Orang lain dapat membaca huruf atau angka tersebut dengan benar tanpa melihat contoh. Nilai ½ jika anak dapat meng-copy 5 huruf atau angka secara baik
  4. Nilai 1 jika anak dapat secara mandiri menulis namanya sendiri (tidak harus rapi, tetapi bisa terbaca). Nilai ½ jika anak dapat menulis tetapi tidak terlalu jelas dibaca atau salah ejaan.
  5. Nilai 1 jika anak secara mandiri dapat meng-copy 26 huruf besar dan huruf kecil secara baik dan bisa terbaca. Nilai ½ jika anak secara mandiri dapat meng-copy 26 huruf besar dan huruf kecil tetapi tidak terlalu jelas dibacanya.

 

Listener Responding berdasarkan Fungsi, Sifat dan Kelas (LRFFC) Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat memilih dari barisan 10 gambar atau dari buku yang paling tidak memiliki 3 stimuli yang mirip (warna, bentuk, kategori) sebanyak 25 pertanyaan. Contoh: Apa yang kamu gunakan untuk meminum jus. Dalam pilihan gambar harus ada gambar mirip sedotan, misalnya pensil, tongkat dan pisau. Nilai ½ jika anak dapat memilih dari barisan 10 gambar atau dari buku yang paling tidak memiliki 3 stimuli yang mirip (warna, bentuk, kategori) sebanyak 15 pertanyaan.
  2. Nilai 1 jika anak dapat memilih sebanyak 25 benda untuk pertanyaan dari buku, yang paling tidak terdiri dari 2 komponen sifat, fungsi dan kategori. Contoh: Tunjuk sesuatu yang bulat dan di langit, Cari furniture yang berwarna merah. Nilai ½ jika anak dapat memilih sebanyak 15 benda untuk pertanyaan dari buku, yang paling tidak terdiri dari 2 komponen sifat, fungsi dan kategori.
  3. Nilai 1 jika anak dapat memilih benda untuk pertanyaan dari natural environment berdasarkan 3 komponen (kata sifat, kata preposisi benda dan kata ganti orang) sebanyak 25 pertanyaan. Contoh: ketika melihat foto ulang tahun, anda berkata pada anak “Apa yang berwarna coklat dan dingin yang kamu makan?”, Ketika lewat di ruang tamu, anda berkata pada anak “Apa yang cantik di atas meja?”. Nilai ½  jika anak dapat memilih benda untuk pertanyaan dari natural environment berdasarkan 3 komponen (kata sifat, kata preposisi benda dan kata ganti orang) sebanyak 15 pertanyaan.
  4. Nilai 1 jika anak dapat memilih dari buku atau natural environment untuk 4 pertanyaan LRFFC dari 25 topik yang berbeda. Contoh: anak bermain kereta api, kemudian ditanyakan, Kemana kereta api ini pergi, anak menunjuk jembatan, Apa yang menarik kereta api, anak menunjuk lokomotif, Siapa yang menyetir kereta api, anak menunjuk masinis, Apa yang ada di kereta api, anak menunjuk kayu (jika kereta membawa kayu). Nilai ½ jika anak dapat memilih dari buku atau natural environment untuk 4 pertanyaan LRFFC dari 15 topik yang berbeda.
  5. Nilai 1 jika anak dapat menunjukkan kemampuan 1000 LRFFC (testing atau dari akumulasi). Nilai ½ jika anak dapat menunjukkkan kemampuan 750 LRFFC.

 

Intraverbal Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat secara spontan menghasilkan 20 intraverbal respons di natural environment dalam 1 hari. Contoh: Anak mendengar “Kita mau pergi ke rumah nenek” anak secara spontan merespons “Nenek punya banyak mainan”. Nilai ½ jika ada dapat secara spontan menghasilkan 10 intraverbal respons di natural environment dalam 1 hari.
  2. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan paling tidak 300 intraverbal respons jika ditanya. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan paling tidak 200 intraverbal respons jika ditanya.
  3. Nilai 1 jika anak dapat menjawab 2 pertanyaan dari 25 paragraf pendek (yang terdiri dari 15 kata atau lebih) dari sebuah buku atau materi tertulis. Nilai ½ jika anak dapat menjawab 1 pertanyaan dari 25 paragraf pendek (yang terdiri dari 15 kata atau lebih) dari sebuah buku atau materi tertulis.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menjelaskan 25 kejadian, video, cerita, dll dengan paling tidak 8 kata tanpa echoic prompts. Deskripsi verbal juga tidak diprompt oleh kata lain atau gambar. Nilai ½ jika anak dapat menjelaskan 12 kejadian, video, cerita, dll dengan paling tidak 5 kata tanpa echoic prompts. Deskripsi verbal juga tidak diprompt oleh kata lain atau gambar.
  5. Nilai 1 jika anak dapat menjawab 4 pertanyaan apa, siapa, kemana, dll untuk 10 topik. Pertanyaan harus ditanya langsung setelah jawaban dari sang anak secara alami dengan variasi dan ekspresi. Contoh: Kemana kamu pergi untuk pesta ulang tahunmu? Siapa saja yang datang? Hadiah apa yang kamu dapat? Apa jenis kue tart yang kamu punya? Nilai ½ jika anak dapat menjawab 3 pertanyaan apa, siapa, kemana, dll untuk 5 topik. Pertanyaan harus ditanya langsung setelah jawaban dari sang anak secara alami dengan variasi dan ekspresi.

 

Rutinitas dalam Kelas dan Kemampuan dalam Grup Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat menggunakan toilet dan cuci tangan dengan prompt verbal. Nilai ½ jika anak dapat menggunakan toilet dan cuci tangan dengan bantuan fisik.
  2. Nilai 1 jika anak dapat respons terhadap 5 instruksi atau pertanyaan grup yang berbeda tanpa prompt dalam grup paling tidak 3 anak atau lebih. Nilai ½ jika anak dapat respons terhadap 2 instruksi atau pertanyaan grup yang berbeda tanpa prompt dalam grup paling tidak 3 anak atau lebih.
  3. Nilai 1 jika anak dapat bekerja secara mandiri selama 5 menit di dalam aktivitas grup yang melibatkan 3 anak atau lebih dan tetap bekerja minimal 50% dari periode tersebut tanpa prompt dari orang dewasa. Nilai ½  jika anak dapat bekerja secara mandiri selama 2 menit di dalam aktivitas grup yang melibatkan 3 anak atau lebih dan tetap bekerja minimal 50% dari periode tersebut tanpa prompt dari orang dewasa.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menguasai 2 behavior baru dalam 15 menit pengajaran grup yang melibatkan 5 orang atau lebih anak, dilakukan test sesudahnya. Contoh: grup diskusi tentang bahaya kebakaran, anak dapat menjawab sebuah pertanyaan tentang apa yang harus dikerjakan jika ada kebakaran. Nilai ½  jika anak dapat menguasai 1 behavior baru dalam 15 menit pengajaran grup yang melibatkan 5 orang atau lebih anak, dilakukan test sesudahnya.
  5. Nilai 1 jika anak dapat duduk secara baik dan menjawab 5 pertanyaan intraverbal yang ditanya dalam 20 menit pengajaran yang melibatkan 5 anak atau lebih (dapat mengangkat tangan dan menjawab setelah ditunjuk). Nilai ½ jika anak dapat duduk secara baik dan menjawab 2 pertanyaan intraverbal yang ditanya dalam 20 menit pengajaran yang melibatkan 5 anak atau lebih.

 

Struktur linguistic Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan 10 kombinasi kata benda dengan kata tunggal, jamak dan kata kepunyaan (mand, tact, intraverbal). Contoh: Dimana buku-buku saya? Itu sepeda kepunyaan Joey. Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan 10 kombinasi kata benda dengan kata tunggal, jamak atau kata kepunyaan (salah satu saja).
  2. Nilai 1 jika anak dapat mengerti 10 konsep yang sudah terjadi dan yang akan terjadi dengan menggunakan kata petunjuk waktu (mand, tact, intraverbal). Nilai ½ jika anak hanya mengerti 10 konsep yang sudah terjadi saja atau yang akan terjadi saja dengan menggunakan kata petunjuk waktu (salah satu saja)
  3. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan 10 jenis 3 frasa kata benda (mand, tact atau intraverbal) dengan paling tidak 2 modifikasi (kata sifat, preposisi tempat dan kata ganti orang). Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan 5 jenis 3 kata frasa kata benda (mand, tact atau intraverbal) dengan paling tidak 2 modifikasi (kata sifat, preposisi tempat dan kata ganti orang). Contoh: Saya mau topi biru bergambar beruang, letakkan kereta api didalam terowongan, dll.
  4. Nilai 1 jika anak dapat menghasilkan 10 jenis 3 frasa kata kerja (mand, tact, atau intraverbal) dengan paling tidak 2 modifikasi (kata sifat, preposisi tempat dan kata ganti orang). Nilai ½ jika anak dapat menghasilkan 5 jenis 3 frasa kata kerja (mand, tact, atau intraverbal) dengan paling tidak 2 modifikasi (kata sifat, preposisi tempat dan kata ganti orang). Contoh: buat itu berjalan lambat, saya menengan bola keras, dll
  5. Nilai 1 jika dapat mengkombinasi kata benda dan kata kerja (mand, tact atau intraverbal) untuk menghasilkan 10 kalimat dengan tata bahasa yang benar. Nilai ½ jika dapat mengkombinasi kata beda dan kata kerja (mand, tact atau intraverbal) untuk menghasilkan 5 kalimat dengan tata bahasa yang benar.

 

Matematika Level 3

  1. Nilai 1 jika anak dapat memilih angka 1-5 dari barisan 5 angka yang berbeda. Nilai ½ jika anak dapat memilih angka 1-3 dari barisan 3 angka yang berbeda.
  2. Nilai 1 jika anak dapat tact angka 1 sampai 5 jika ditampilkan dengan urutan acak. Nilai ½ jika anak dapat tact 3 angka.
  3. Nilai 1 jika anak dapat berhitung 1-5 barang dari banyak barang dan bisa memberikan jumlah yang tepat jika ditanya. Contoh: jika diminta berikan saya 3 sendok. Anak mengambil sendok dan menghitungnya dan stop setelah memberikan 3 sendok tanpa prompt dari orang dewasa. Nilai 1 jika anak dapat berhitung 1-3 barang dari banyak barang dan bisa memberikan jumlah yang tepat jika ditanya.
  4. Nilai 1 jika anak dapat mengidentifikasi sebagai listener responding untuk 8 perbandingan yang melibatkan ukuran. Nilai 1 jika anak dapat mengidentifikasi sebagai listener responding untuk 6 perbandingan yang melibatkan ukuran. (banyak–sedikit, besar–kecil, panjang–pendek, keras–pelan, penuh-kosong).
  5. Nilai 1 jika anak dapat memasangkan visual angka ke jumlah barangnya untuk angka 1-5 ketika ditampilkan secara acak. Nilai ½ jika anak dapat memasangkan visual angka ke jumlah barangnya untuk angka 1-3 ketika ditampilkan secara acak. Contoh: memasangkan angka 3 dengan gambar 3 buah truk.
Peringatan: Informasi yang saya tulis harap digunakan sebagai informasi yang memperkaya pengetahuan anda, tetapi sebaiknya anda komunikasikan dengan professional yang menangani anak anda sebelum diterapkan. Ilmu yang saya sampaikan sesuai dengan keilmuan yang saya pelajari tetapi harus dipahami bahwa setiap kasus anak adalah unik. Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari informasi yang anda terima.